5 Cara Masak Lumpia Basah Akang Gerobak yang Enak

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Resep Lumpia Basah Akang Gerobak. Pada postingan kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara bikin Lumpia Basah Akang Gerobak dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Yuk, sajikan lumpia basah sebagai menu camilan sore akhir pekan ini! Pas sekali menemani kamu di musim hujan dan mudah untuk dibuat. Resep Lumpia Basah, Jajanan Bandung yang Wajib Kamu Coba.

Lumpia Basah Akang Gerobak - cookandrecipe.com Jangan bayangkan mirip dengan lumpia basah khas Semarang ya, karena lumpia khas kota kembang ini sungguh unik. Jika lumpia lain tersaji dalam bentuk lipatan rapi, lumpia ini tersaji 'apa adanya'. Tumisan tauge, telur, dan ayam ditaruh di atas kulit lumpia yang sudah dioles saus gurih kental. Tenang saja untuk tutorial cara buat Lumpia Basah Akang Gerobak yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 12 bahan dan 5 langkah saja.

12 Bahan Bahan untuk Memasak Lumpia Basah Akang Gerobak

Untuk dapat membikin Lumpia Basah Akang Gerobak pada tutorial ini kamu membutuhkan 12 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Kulit lumpia - 1.
  2. Siapkan bengkoang - 1.
  3. Siapkan gula merah - 1 batang.
  4. Siapkan tepung maizena - 1 sdm.
  5. Siapkan Air mineral - 250 ml.
  6. Siapkan Toge (cuci bersih) - 100 gr.
  7. Siapkan Telor ayam - 1.
  8. Siapkan bawang putih (haluskan/cincang) - 2 siung.
  9. Siapkan cabe rawit dan 5 cabe merah haluskan (opstional) - 5.
  10. Siapkan Garam (sekucupnya) - .
  11. Siapkan Sasa/ bumbu penyebab (opstional) - .
  12. Siapkan Minyak goreng (secukupnya) - .

Brilio.net - Lumpia atau lun pia adalah sejenis jajanan tradisional khas warga Tionghoa. Gerobak dorong lumpia (c) Lutfi Dananjaya/Travelingyuk. Bahkan, dari dulu hingga sekarang, Mas Wawan tetap konsisten berjualan menggunakan. Ada varian lumpia goreng atau basah yang bisa Anda cicipi, namun saat hari sedang hujan maka lumpia basah Mbak Lien ini adalah yang terbaik.

5 Langkah Memasak Lumpia Basah Akang Gerobak

Setelah kita sudah menyiapkan 12 bahan diatas. Berikutnya kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Lumpia Basah Akang Gerobak dibawah ini.

  1. Langkah pertama, kita siapin dulu yah bengkoang nya, jadi panaskan air sampai mendidih (airnya jangan semua ya sisakan sedikit untuk saus gula merah nya). Setelah air mendidih masukin 1/2 batang gula jawa. Setelah air dan gula tercampur masukan bengkoang masak hingga air tiris. Kemudian sisihkan.
  2. Langkah kedua, kita siapkan saus gula nya. Masukan sisa air yg tadi masak hingga mendidih kemudian masukan 1/2 potongan gula. Jika sudah tercampur tuang kan tepung maizena. (Agar tidak menggumpal. Larutakan dulu tepung maizena nya dengan air biasa ya jangan panas. Perbandingan air dengan tepung 1:1) kemudian aduk hingga mengental dan dinginkan.
  3. Nah, hampir selesai nih. Panaskan minyak dengan api sedang lalu tumis bawang putih yang telah dihaluskan (jangan lama2 nanti gosong) masukan telur. Oseng-oseng hingga tebentuk telur orak arik kemudian sisikan telur ke bagian pinggir wajian, tuang minyak (kalo saya cuma 2sdm) kemudian masukan kembali bawang putih halusnya oseng2 sebentar lalu masukan toge dan bengkoang yang sudah di masak tadi. Oseng-oseng hingga tercampur rata.
  4. Beri garam, bumbu penyedap, cabe yang telah dihaluskan (kalo gak mau pedes gapapa gak usah kasih cabe) abis itu oseng2 lagi. Kemudian tutup dengan tutup panci. Biarkan selama 1menit atau dikira2 aja sampe bumbu menyerap. Oiya ini dengan api kecil yaa. Lalu angkat.
  5. Sementara itu, kita siapin kulit lumpia nya di piring, lalu oles dengan saus gula yg kita bikin tadi (ini terserah mau banyak atau dikit ya, tergantung selera) kemudian jika sudah matang, tuang deh tumisan toge, bengkoang pada step 4 diatasnya. Selesaaaai.

Lihat juga resep Lumpia Basah ala Ibu enak lainnya. Asli khas Bandung, rasanya dijamin enak. Resepnya juga sederhana, hanya pakai sepuluh bahan. Resep cara membuat lumpia basah, salah jajanan khas Bandung yang populer. Rasanya pedas manis, benar-benar enak dan bikin ketagihan.

Bagaimana sangat mudah bukan cara bikin Lumpia Basah Akang Gerobak ini. Silahkan kita coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep