✓ 0 Cara Membuat Ayam bakar bumbu rujak khas surabaya yang Lezat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Bagaimana sih cara masak Ayam bakar bumbu rujak khas surabaya. Pada tulisan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara masak Ayam bakar bumbu rujak khas surabaya dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Ayam Bakar Bumbu Rujak is a popular Javanese dish commonly found in Indonesia. Grilled chicken is cooked in a sweet and spicy sauce that is usually served with rujak buah (Indonesian fruit rujak). This special rujak seasoning packs quite a punch, elevating the flavors of the tender juicy chicken with its fragrant blend of spices and aromatics including chili, candlenuts, palm sugar, lemongrass.

Ayam bakar bumbu rujak khas surabaya - cookandrecipe.com Ciri khas dari ayam bakar bumbu rujak ini adalah cita rasanya yang asam manis. Selain itu, aromatik dari daun jeruknya membuat sensasi segar ketika menyantapnya. Belum lagi ditambah terasi dan santan yang membuat si ayam bakar bumbu rujak ini semakin nikmat! Tenang saja untuk tutorial cara buat Ayam bakar bumbu rujak khas surabaya yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 22 bahan dan 0 langkah saja.

22 Bahan Bahan untuk Memasak Ayam bakar bumbu rujak khas surabaya

Untuk dapat bikin Ayam bakar bumbu rujak khas surabaya pada tutorial ini kita membutuhkan 22 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan ayam, potong kecil - 500 gr.
  2. Siapkan santan kara - 20 ml.
  3. Siapkan gula merah - 2 sdm.
  4. Siapkan asam jawa diseduh air panas 3 sdm - 1 sdt.
  5. Siapkan minyak - Secukupnya.
  6. Siapkan garam, totole - Secukupnya.
  7. Siapkan Bumbu halus - .
  8. Siapkan bawang merah - 10 siung.
  9. Siapkan bawang putih - 5 siung.
  10. Siapkan cabe keriting (atau cabe kering juga bisa, kalo kering warna jadi lebih merah bagus) - 10 buah.
  11. Siapkan cabe rawit - 10 buah.
  12. Siapkan kemiri - 4 buah.
  13. Siapkan jahe - 3 cm.
  14. Siapkan kunyit - 3 cm.
  15. Siapkan ketumbar - 1 sdt.
  16. Siapkan jinten - 1/2 sdt.
  17. Siapkan terasi - 1 sdm.
  18. Siapkan Bumbu cemplung - .
  19. Siapkan daun jeruk - 4 lembar.
  20. Siapkan daun salam - 2 lembar.
  21. Siapkan sereh digeprek - 1 buah.
  22. Siapkan lengkuas digeprek - 3 cm.

Ayam bakar bumbu. makananinfo.com - Ayam bumbu rujak merupakan makanan khas indonesia yang berasal dari daerah Surabaya, Jawa Timur. Makanan ini rasanya sangat lezat dan kental dengan rempah rempah indonesia. Paduan rasa manis, gurih, pedas dan asam menjadi ciri khas dari makanan ini sehingga menjadikan makanan ini menjadi salah satu makanan favorit sebagian orang. Meski merupakan makanan khas Surabaya, ayam bumbu rujak juga bisa ditemui di rumah makan atau warung yang ada di Jakarta.

0 Panduan Membuat Ayam bakar bumbu rujak khas surabaya

Apabila Anda sudah menyiapkan 22 bahan diatas. Selanjutnya kamu simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Ayam bakar bumbu rujak khas surabaya dibawah ini.

BACA JUGA: Resep Soto Ayam Lamongan Nikmat dan Segar, Begini Cara Buatnya! Atau, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Meskipun bumbu dan cara memasaknya cukup rumit, tetapi kenikmatannya pasti sepadan. Asal muasalnya dari buku resep Miftah Sanaji yang berjudul "Wisata Kuliner Makanan Daerah Khas Surabaya". Udang Besar Khas Bu Rudy Surabaya.

Bagaimana sangat mudah bukan cara buat Ayam bakar bumbu rujak khas surabaya ini. Silahkan kita coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep