8 Cara Masak Soto Lamongan yang Mudah

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Jika saat ini kamu sedang ingin membuat Soto Lamongan. Pada postingan kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara bikin Soto Lamongan dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Resep soto lamongan menjadi terkenal saat ini sebab selain baunya yang khas dengan tampilan rasanya yang beda, sehingga banyak para remaja putri Cara membuat soto lamongan taburan poya sebenarnya tidak berbeda jauh dengan resep soto ayam dari daerah lain, namun bumbu soto ayam. Resep Soto Lamongan - Soto Lamongan adalah salah satu makanan khas jawa timur yang memiliki rasa yang lezat dengan harga cukup murah dan ekonomis. Hidangan soto, merupakan sajian berkuah mirip dengan sop yang tebuat dari kaldu daging dan beberapa sayuran.

Soto Lamongan - cookandrecipe.com Lihat juga resep Soto Lamongan Daging Sapi enak lainnya. Resep soto ayam lamongan dengan taburan bubuk kerupuk udang koya lebih gurih. Bumbu koya menjadi pelengkap wajib sajian soto ayam kampung khas lamongan. Tenang saja untuk tutorial cara membuat Soto Lamongan yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 34 bahan dan 8 langkah saja.

34 Bahan Bahan untuk Membuat Soto Lamongan

Untuk dapat membikin Soto Lamongan pada tutorial ini kalian perlu menyiapkan 34 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Bahan ayam - .
  2. Siapkan ayam - 1 ekor.
  3. Siapkan jeruk nipis - 1 buah.
  4. Siapkan garam - 1 sendok makan.
  5. Siapkan Bahan bumbu halus - .
  6. Siapkan bawang merah - 10 siung.
  7. Siapkan bawang putih - 6 siung.
  8. Siapkan kunyit - 3 cm.
  9. Siapkan jahe - 2 cm.
  10. Siapkan lengkuas - 2 cm.
  11. Siapkan ketumbar - 1 sendok teh.
  12. Siapkan jintan - 1/4 sendok teh.
  13. Siapkan lada bubuk - 1 sendok teh.
  14. Siapkan kemiri - 2 butir.
  15. Siapkan pala bubuk - 1/2 sendok teh.
  16. Siapkan Bahan lainnya - .
  17. Siapkan daun jeruk - 3 lembar.
  18. Siapkan sereh (memarkan) - 2 batang.
  19. Siapkan air - 1800 ml.
  20. Siapkan garam - Secukupnya.
  21. Siapkan gula pasir - Secukupnya.
  22. Siapkan minyak goreng (untuk menumis) - Secukupnya.
  23. Siapkan daun bawang (potong bulat) - 2 batang.
  24. Siapkan daun seledri (potong kasar) - 2 batang.
  25. Siapkan Bahan pelengkap - .
  26. Siapkan soun (rendam air biasa) - 100 gr.
  27. Siapkan jeruk nipis - 1 buah.
  28. Siapkan Semangkuk tauge (siram Air panas) - .
  29. Siapkan kol (aku tidak pakai) - Irisan.
  30. Siapkan Sambal - .
  31. Siapkan Daun bawang dan seledri (iris halus untuk taburan bila suka) - .
  32. Siapkan Bahan koya - .
  33. Siapkan kerupuk udang - 5 buah.
  34. Siapkan bawang putih bubuk (bisa diganti dengan 3 siung bawang putih goreng) - 1 sendok teh.

Resep masakan jualan kaki lima soto ayam lamongan asli bisa menjadi inspirasi tambah menu warung anda. As the name suggests, this traditional soto variety originated in Lamongan. Soto Lamongan can be served as a standard soup, but sometimes the main ingredients and the broth may be served in two separate bowls. Soto ayam Lamongan merupakan salah satu soto khas Jawa Timur yang populer.

8 Panduan Resep Soto Lamongan

Apabila Anda sudah menyiapkan 34 bahan diatas. Sekarang kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Soto Lamongan dibawah ini.

  1. Cuci bersih ayam, kucuri air jeruk nipis dan garam, kemudian remas2. Diamkan 15 menit kemudian bilas dengan air, agar ayam tidak berbau dan berasa amis.
  2. Siapkan panci agak besar, rebus ayam dengan dengan cara 5:30:7 menit. Yaitu rebus air dengan api besar hingga mendidih mengebul2, masukkan ayam, masak dengan api besar selama 5 menit. Kemudian tutup panci selama 30 menit tanpa dibuka. Kemudian buka tutup panci. Hasilnya, ayam sudah empuk dan kaldunya “ngaldu? banget sehingga tidak perlu lagi menggunakan bubuk kaldu.
  3. Sementara itu, siapkan wajan. Haluskan bumbu kemudian tumis dengan minyak goreng hingga harum. Beri sedikit air kaldu bila terlalu kering.
  4. Masukkan daun jeruk dan sereh. Aduk rata. Biarkan hingga sedikit layu.
  5. Nyalakan lagi kompor dengan api sedang. Masukkan bumbu halus ke dalam panci. Aduk2. Kemudian masukkan potongan kasar daun bawang dan seledri. Aduk rata kembali..
  6. Seasoning time. Kecilkan api. Beri garam dan gula pasir. Cek rasa, bila sudah ok, normalkan api, aduk sekali lagi. Kemudian ambil beberapa potong ayam. Goreng sebentar untuk bahan suwiran. Sebagian aku biarkan dalam panci, kesukaan aku soalnya, makan ayam dengan mensesap tulang2nya. Gurih😅.
  7. Cara membuat koya : hancurkan kerupuk udang hingga halus (aku dengan blender kecil) kemudian campurkan dengan bawang putih bubuk. Aduk rata..
  8. Cara penyajian : ambil mangkuk. Beri nasi secukupnya, irisan kol (bila suka), tauge, suwiran ayam. Siram dengah kuah soto, bubuhi dengan sambal, irisan daun bawang dan seledri serta koya. Sedapnya....

Hidangan berkuah ini biasanya ditemui di pinggir-pinggir jalan Meskipun demikian, rasa soto ayam Lamongan tidak kalah dengan hidangan-hidangan mewah. Rasanya yang gurih diperoleh dari bumbu-bumbu rempah. Soto lamongan adalah soto khas Lamongan, Jawa Timur, yang saat ini telah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia. Soto Lamongan adalah salah satu soto paling gurih karna mempunyai ciri khas koya udang yang tidak di miliki oleh soto lainnya. Soto Lamongan adalah salah satu resep soto ayam dengan ciri khas kuah kuning dengan campuran koya yang terbuat dari krupuk udang dan bawang putih yang digoreng.

Bagaimana sangat mudah bukan cara memasak Soto Lamongan ini. Silahkan teman-teman coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep