6 Cara Membuat Soto Ayam Lamongan yang Cepat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Buat kalian yang sedang mencari resep Soto Ayam Lamongan. Pada postingan kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara masak Soto Ayam Lamongan dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Soto ayam Lamongan merupakan salah satu soto khas Jawa Timur yang populer. Hidangan berkuah ini biasanya ditemui di pinggir-pinggir jalan karena dijual menggunakan gerobak. Resep Soto Ayam Lamongan, Kuah Segarnya Bikin Ingin Tambah Terus.

Soto Ayam Lamongan - cookandrecipe.com Resep Soto Lamongan - Soto Lamongan adalah salah satu makanan khas jawa timur yang memiliki rasa yang lezat Contohnya Resep Soto Lamongan tidak menggunakan sembarangan jenis ayam. Resep soto ayam Lamongan berikut ini menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Jika anda ingin membuat untuk porsi. Tenang saja untuk tutorial resep Soto Ayam Lamongan yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 36 bahan dan 6 langkah saja.

36 Bahan Bahan untuk Resep Soto Ayam Lamongan

Untuk dapat memasak Soto Ayam Lamongan pada postingan ini kita membutuhkan 36 bahan saja. Jadi silahkan kamu siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan ayam - 500 gr.
  2. Siapkan daun salam - 2 lembar.
  3. Siapkan serai - 2 batang.
  4. Siapkan daun jeruk - 3 lembar.
  5. Siapkan air - 1000 ml.
  6. Siapkan daun bawang - 1 batang.
  7. Siapkan seledri - 1 batang.
  8. Siapkan Gula, garam, merica, kaldu jamur - secukupnya.
  9. Siapkan Minyak goreng - secukupnya.
  10. Siapkan Bumbu halus - .
  11. Siapkan kemiri sangray - 3 butir.
  12. Siapkan ketumbar - 1 sdt.
  13. Siapkan bawang putih - 7 butir.
  14. Siapkan kunyit - 1 ruas.
  15. Siapkan lengkuas - 1 ruas.
  16. Siapkan jahe - 1 ruas.
  17. Siapkan Bahan pelengkap - .
  18. Siapkan Ketang goreng - .
  19. Siapkan Soun - .
  20. Siapkan Tauge - .
  21. Siapkan Kol, iris tipis - .
  22. Siapkan Bawang putih goreng - .
  23. Siapkan Bawang merah goreng - .
  24. Siapkan Bubuk koya (me : skip) - .
  25. Siapkan Kerupuk - .
  26. Siapkan Sambal - .
  27. Siapkan Telur rebus - .
  28. Siapkan Tomat - .
  29. Siapkan Jeruk nipis - .
  30. Siapkan Bahan bubuk koya - .
  31. Siapkan kerupuk udang kualitas super yg besar2 - 5 buah.
  32. Siapkan bawang putih goreng - 1 sdm.
  33. Siapkan bubuk ebi sangray - 1 sdt.
  34. Siapkan Bahan sambal - .
  35. Siapkan cabai rawit merah - 20 buah.
  36. Siapkan air - 1 gelas.

Soto Ayam Lamongan is one of my ultimate childhood dishes. The variants is too many due regions and ethnicities which are enriching the diversity the variety. Soto ayam yang satu ini, sudah populer di berbagai penjuru Indonesia. Berasal dari satu kota di Jawa Timur, soto ayam lamongan punya penggemar setia di tiap kota Indonesia.

6 Langkah Resep Soto Ayam Lamongan

Apabila kalian sudah menyiapkan 36 bahan diatas. Berikutnya kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Soto Ayam Lamongan dibawah ini.

  1. Tumis bumbu halus hingga wangi. Masukkan 500 ml air. Tambahkan daun jeruk, salam, sereh. Tambahkan garam, gula, merica, dan kaldu jamur. Koreksi rasa. Masukkan ayam. Ungkep ayam selama 20 - 30 menit dengan api kecil..
  2. Angkat ayam, dinginkan. Goreng, lalu suir2 sesuai selera..
  3. Tambahkan 500 ml air ke dalam panci berisi sisa air ungkeban ayam. Didihkan, lalu tambahkan bawang putih goreng, potongan daun bawang seledri, dan sedikit gula garam. Koreksi rasa..
  4. Sajikan dengan soun, tauge dan kol yg sudah direndam masing2 dengan air panas mendidih selama 5-10 menit. Tiriskan. Kentang yg diiris tipis lalu di goreng kering..
  5. Blender kering semua bahan bubuk koya, atau tumbuk hingga menjadi bubuk halus..
  6. Rebus bahan sambal hingga cabai lembek dan air menyusut setengahnya. Lalu blender hingga halus.

Resep soto ayam lamongan dengan taburan bubuk kerupuk udang koya lebih gurih. Resep masakan jualan kaki lima soto ayam lamongan asli bisa menjadi inspirasi tambah menu warung anda. Lamongan terkenal dengan soto ayamnya yang berwarna kuning berminyak dengan aneka bumbu di dalamnya. Rasa soto ini semakin mantap, karena ditambah serbuk koya yang gurih di atasnya. Soto ayam lamongan akan lebih nikmat jika kuah soto telah menginap semalaman.

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuat Soto Ayam Lamongan ini. Silahkan kalian coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep