✓ 3 Cara Bikin Kare Ayam Jawa Timur yang Enak

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Buat kalian yang sedang mencari resep Kare Ayam Jawa Timur. Pada postingan kali ini kami akan memandu tutorial lengkap cara memasak Kare Ayam Jawa Timur dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Lihat juga resep Kare Ayam Jawa Timur enak lainnya. RESEP KARE AYAM JAWA TIMUR ini cara membuat kari ayam yang enak dan lezat ini bahannya sangat mudah didapat di pasar tradisional maupun swalayan. Semoga sobat semuanya menyukai kari ayam/resep.

Kare Ayam Jawa Timur - cookandrecipe.com Masakan ayam yang satu ini sudah tidak asing lagi, karena masakan ayam ini sudah ada hampir diberbagai kota yakni Kare ayam. Kare ayam awal mulanya berasal dari India yang kemudian masuk ke Indonesia sampai saat. Resep Kare Ayam Jawa Timur - SpesialResep.com Kare ayam adalah salah satu jenis makanan dari India yang kali ini sudah mulai menjadi makanan favorit di Indonesia. Tenang saja untuk tutorial cara memasak Kare Ayam Jawa Timur yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 19 bahan dan 3 langkah saja.

19 Bahan Bahan untuk Membuat Kare Ayam Jawa Timur

Untuk bisa membikin Kare Ayam Jawa Timur pada postingan ini kalian memerlukan 19 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Ayam kampung - 1 ekor.
  2. Siapkan Santan agak kental - 500 ml.
  3. Siapkan lengkuas,geprek - 1 ibu jari.
  4. Siapkan serai,geprek - 3 batang.
  5. Siapkan daun jeruk - secukupnya.
  6. Siapkan Gula jawa - secukupnya.
  7. Siapkan Air asam jawa - secukupnya.
  8. Siapkan Garam - .
  9. Siapkan Kaldu jamur - .
  10. Siapkan Minyak goreng - secukupnya.
  11. Siapkan air - 1 L.
  12. Siapkan Bumbu yang dihaluskan: - .
  13. Siapkan bawang merah - 10 siung.
  14. Siapkan bawang putih - 5 siung.
  15. Siapkan cabe merah - 3 biji.
  16. Siapkan kunyit - 1/2 ibu jari.
  17. Siapkan jahe - 1/4 ibu jari.
  18. Siapkan ketumbar yang sudah disangrai - 2 sdm.
  19. Siapkan jintan - 1 sdt.

Makanan yang satu ini memiliki ciri khas kuah yang berwarna kuning yang di padukan dengan rempah-rempah didalamnya sehingga akan terasa sangat nikmat dan lezat. KOMPAS.com - Kari menjadi olahan makanan yang cukup terkenal di Indonesia dengan berbagai macam jenis tergantung daerah. Selain Kari Bihun Ayam Medan yang sebelumnya telah dipraktikkan, ada pula Kari Kepiting Jawa Timur. Namun yang membedakan Kari Ayam Bihun Medan dengan kari daerah lainnya, adalah pemakaian daun kari dan bubuk kari.

3 Tahapan Membuat Kare Ayam Jawa Timur

Setelah kita sudah menyiapkan 19 bahan diatas. Berikutnya kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk bikin Kare Ayam Jawa Timur dibawah ini.

  1. Panaskan minyak goreng,masukkan bumbu halus aduk-aduk sampai harum. Tambahkan lengkuas,sereh,daun jeruk,gula jawa,dan air asam..
  2. Masukkan ayam yang sudah dicuci bersih,aduk?aduk supaya tercampur dengan bumbu. Tambahkan air. Rebus sampai daging ayam empuk..
  3. Tuangi santan,garam,dan kaldu jamur. Lanjut rebus sampai mendidih. Cek rasa. Dan siap dihidangkan. Supaya lebih sedap rasanya bisa ditambahkan bawang merah goreng saat menyajikan..

Baca juga: Resep Kari Ayam Bihun Medan, Cocok Disantap. Kali ini saya akan share resep kare ayam jawa yang biasa disebuat juga opor ayam kuning yang enak dan lezat. Terima kasih sudah berkunjung ke Channel kami. Lihat juga resep Kare Ayam Solo enak lainnya. Bismillah ini adalah menu menjelang Idul adha kemarin bikin kari atau kare kalo bahasa asal saya 😄 kali ini masak kari ayam khas Jawa timur karena juga udah lama banget gak bisa mudik dan ngerasain lagi masakan khas sana jadi kita bikin sendiri aja sembari mengingat.

Bagaimana sangat mudah bukan cara buat Kare Ayam Jawa Timur ini. Silahkan kalian coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep