27 Bahan Buat Soto Ayam Lamongan dengan Koya yang Cepat

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Bagaimana sih cara membuat Soto Ayam Lamongan dengan Koya. Pada postingan kali ini kami akan membagikan tutorial lengkap cara memasak Soto Ayam Lamongan dengan Koya dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Resep soto ayam lamongan dengan taburan bubuk kerupuk udang koya lebih gurih. Bumbu koya menjadi pelengkap wajib sajian soto ayam kampung khas lamongan. Resep masakan jualan kaki lima soto ayam lamongan asli bisa menjadi inspirasi tambah menu warung anda.

Soto Ayam Lamongan dengan Koya - cookandrecipe.com Soto ayam Lamongan merupakan salah satu soto khas Jawa Timur yang populer. Hidangan berkuah ini biasanya ditemui di pinggir-pinggir jalan karena dijual menggunakan gerobak. Beri suwiran ayam, potongan telur, daun bawang, seledri, bawang goreng, dan bubuk koya. Tenang saja untuk tutorial cara buat Soto Ayam Lamongan dengan Koya yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 27 bahan dan 10 langkah saja.

27 Bahan Bahan untuk Memasak Soto Ayam Lamongan dengan Koya

Untuk dapat bikin Soto Ayam Lamongan dengan Koya pada postingan ini kamu membutuhkan 27 bahan saja. Jadi silahkan Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Ayam - 1/2 ekor.
  2. Siapkan Kol, Toge, Bihun terserah mo sebanyak apa yg penting kuahnya - .
  3. Siapkan Telor rebus (rebus 8 menit aja biar enak) - .
  4. Siapkan Bawang seledri, bawang goreng (optional ga pke jg gpp) - .
  5. Siapkan Jeruk nipis or jeruk limo - .
  6. Siapkan Bumbu Dihaluskan (blender aja biar cepet) - .
  7. Siapkan Bawang merah - 8 butir.
  8. Siapkan Bawang putih - 5 butir.
  9. Siapkan Lengkuas - 1 ruas.
  10. Siapkan Jahe - 1 ruas.
  11. Siapkan Kunyit - 2 ruas.
  12. Siapkan Ketumbar - 1 sdm.
  13. Siapkan Kemiri - 3 butir.
  14. Siapkan Bahan dimasukan ke kuah - .
  15. Siapkan Daun salam 2 lembar (dirobek or dipelintir dulu) - .
  16. Siapkan Daun jeruk 4 lembar (dirobek or dipelintir dulu) - .
  17. Siapkan Sereh 2 Batang digeprek 1/2 dari bawahnya aja - .
  18. Siapkan Garam - secukupnya.
  19. Siapkan Kaldu ayam - secukupnya.
  20. Siapkan Sasa biar tambah gurih (optional ga pke juga gpp) - .
  21. Siapkan Daun bawang 2 batang potong-potong sesuai selera - .
  22. Siapkan Bahan koya - .
  23. Siapkan Kerupuk udang - 8.
  24. Siapkan Bawang putih 4 (iris sedang jangan ketipisan n jangan kebesaran) - .
  25. Siapkan Bahan sambal - .
  26. Siapkan Cuma 10 cabe rawit atau lebih sesuai selera - .
  27. Siapkan Air putih - .

Lamongan terkenal dengan soto ayamnya yang berwarna kuning berminyak dengan aneka bumbu di dalamnya. Rasa soto ini semakin mantap, karena ditambah serbuk koya yang gurih di atasnya. Tak perlu pergi jauh-jauh keluar rumah untuk bisa menikmati soto lamongan yang menggiurkan ini. Soto ayam Lamongan merupakan salah satu kuliner nusantara yang sangat terkenal bagi masyarakat Indonesia, terutama Koya ini pula yang membedakan soto Lamongan dengan soto-soto lainnya.

10 Panduan Memasak Soto Ayam Lamongan dengan Koya

Apabila kita sudah menyiapkan 27 bahan diatas. Selanjutnya kalian simak langkah-langkah selengkapnya untuk membikin Soto Ayam Lamongan dengan Koya dibawah ini.

  1. Rebus ayam dengan air, banyaknya air sampai ayamnya tenggelam. (Disini saya ga masukin bumbu apa-apa cuma air dan ayam aja sampai jadi kaldu ayam).
  2. Blender semua bahan2 diatas yang harus di blender..
  3. Tumis bumbu yang diblender dan masak sampai minyaknya surut, bumbunya juga jd lebih kental..
  4. Masukan hasil tumisan bahan itu kedalam panci yang ada rebusan air dan ayam. Masukin juga sereh yg udah digeprek, daun jeruk, dan daun salamnya. Aduk-aduk sambil masukan garam dan kaldu ayamnya..
  5. Test rasa kalau udah asin dan gurih berarti udah pas. Diamkan sebentar sampai bumbu kuah itu meresap di ayamnya..
  6. Jika bumbu sudah meresap dan ayam sudah empuk, angkat ayamnya aja. Setelah diangkat baru masukan daun bawangnya.
  7. Bumbu koya : Goreng kerupuk udang satu2 dengan api sedang. Note kerupuk udang bisa gosong klo apinya besar dan kerupuk udang cepet matang jd jangan ditinggal saat masak..
  8. Goreng bawang putih sampai kecoklatan dan terlihat crunchy. Dinginkan kerupuk udang dan bawang goreng agar minyaknya hilang, setelah minyak hilang baru di blender bersamaan..
  9. Sambal : rebus cabe keriting sebentar. Setelah itu diulek atau diblender dan kasih air putih hasil rebusan cabe itu..
  10. Bahan pelengkap : toge direbus sebentar. Bihun disiram air panas (tidak usah dimasak diatas kompor). Kol di cuci dan dipotong-potong. Ayamnya di suwir-suwir..

Bagi Anda yang berasal dari luar pulau Jawa dan penasaran dengan cita. Resep Soto Lamongan Asli Dengan Koya Dan Sambal Serta Cara membuat Bumbu Soto Ayam Asli Jawa Timur Dengan Kuah Gurih, Enak dan Lezat. Resep soto ayam koya yang enak dan gurih ini, tak hanya khas bumbu soto dengan kuah kuning, penyajian dengan taburan bubuk koya juga termasuk ciri khas utama yang membuat soto Lamongan sangatlah sedap disantap beserta berbagai pelengkapnya. Lamongan terkenal dengan soto ayamnya yang berwarna kuning berminyak dengan aneka bumbu di dalamnya. Rasa soto ini semakin mantap, karena ditambah serbuk koya yang gurih di atasnya.

Bagaimana sangat mudah bukan cara membuat Soto Ayam Lamongan dengan Koya ini. Silahkan kalian coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep