4 Cara Buat Fillet gurame asam manis yang Enak

Dapatkan ribuan koleksi resep masakan yang enak dan Mudah.

Resep Fillet gurame asam manis. Pada tulisan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap cara bikin Fillet gurame asam manis dengan mudah dan pastinya tidak kalah enak.

Salah satu ikan air tawar yang banyak disukai ialah ikan gurame. Variasi olahan dari ikan gurame ini juga sangatlah banyak, mulai dari gurame saus tiram, gurame tepung, gurame bakar, hingga gurame asam manis yang akan dibahas pada resep kali ini. Cuci bersih ikan gurame, fillet dan potong-potong sesuai selera.

Fillet gurame asam manis - cookandrecipe.com Resep Gurame Asam Manis - Ikan gurame yaitu salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan ini juga cukup popular di kalangan masyarakat Indonesia dengan pengolahan yang cukup beragam. Mulai dari digoreng, dibakar, dipepes, ditumis bahkan dimasak asam manis. Tenang saja untuk tutorial cara membuat Fillet gurame asam manis yang akan kami jelaskan ini hanya membutuhkan 13 bahan dan 4 langkah saja.

13 Bahan Bahan untuk Membuat Fillet gurame asam manis

Untuk bisa bikin Fillet gurame asam manis pada tutorial ini kalian memerlukan 13 bahan saja. Jadi silahkan kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahanya seperti dibawah ini.

  1. Siapkan Ikan gurame fillet ya (marinasi dengan bumbu halus : bawang putih, jahe, kunyit, ketumbar dan garam) - .
  2. Siapkan Bumbu saos - .
  3. Siapkan bawang merah - 2 siung.
  4. Siapkan bawang putih - 2 siung.
  5. Siapkan cabai (mix keriting merah dan rawit merah) - 10 bh.
  6. Siapkan Aneka saos (tomat, sambal, s.tiram) - .
  7. Siapkan Kecap manis - .
  8. Siapkan Gula - secukupnya.
  9. Siapkan Garam - secukupnya.
  10. Siapkan Lada - secukupnya.
  11. Siapkan Daun bawang, iris - 2 btg.
  12. Siapkan bawang bombay, iris - 1/4 siung.
  13. Siapkan tomat merah, iris - 1 bh.

Gurame filet goreng tepung siram saus asam manis pedas yang terbuat dari bawang bombai, bawang putih, cabai, tomat, gula, garam, cuka, dan nanas. Kadang kala ada rasa rindu makanan sajian restoran dengan kesan mewah misalnya gurame asam manis pedas. Lalu iris daging ikan, bumbui dengan bahan-bahan. Siapkan semua bumbu di atas sesuai petunjuk.

4 Langkah Memasak Fillet gurame asam manis

Setelah kalian sudah menyiapkan 13 bahan diatas. Sekarang kita simak langkah-langkah selengkapnya untuk memasak Fillet gurame asam manis dibawah ini.

  1. Setelah ikan di marinasi min 30 menit goreng hingga matang.
  2. Masak saosnya secara terpisah.
  3. Tumis bombay iris dan kemudian masukkan bumbu halus (bawang dan cabe). Jangan lupa masukkan garam gula lada dan aneka saos serta kecap manis, beri air secukupnya.
  4. Sesaat akan matang masukkan tomat dan daun bawang iris, kemudian siramkan di atas fillet ikannya.

Panaskan minyak, tumis bawang bombay dan bawang putih. Bersihkan ikan gurame, sayat dagingnya mulai dari ekor hingga ke dada (fillet). Cara Membuat Fillet Gurame Asam Manis Pedas. Terlebih dahulu, lumuri ikan gurame dengan air jeruk nipis agar tidak amis, kemudian cuci bersih. Baluri fillet ikan dengan tepung kering,kemudian masukkan ke dalam tepung basah, baluri kembali dengan tepung kerin.

Bagaimana sangat mudah bukan cara memasak Fillet gurame asam manis ini. Silahkan Anda coba dirumah yaa. Semoga berhasil dan selamat mencicipi. Silahkan kamu simak dan baca koleksi resep masakan enak dan mudah lainnya juga yaa.

Simpan Resep